You are currently viewing Mengatur Keuangan Rumah Tangga Lebih Efektif Lakukan 5 Cara Ini

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Lebih Efektif Lakukan 5 Cara Ini

Pada dasarnya, mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara sulit, bukan juga hal yang mudah, Asalkan Anda mengetahui ilmunya. Dalam berumah tangga, sudah pasti ditemui berbagai masalah. Umumnya, permasalahan yang paling sering muncul adalah tentang kondisi keuangan keluarga. Hal ini sudah lazim.

Terlebih jika Anda adalah seorang istri, maka sudah pasti paham dan mengerti akan kondisi keuangan rumah tangga. Istri dianggap sebagai menteri keuangan dalam kehidupan berumah tangga. Ini karena mereka dinilai memiliki kemampuan untuk mengelola finansial keluarga.

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Supaya Lebih Praktis dan Efektif 

Meski sepasang suami dan istri berperan dan bertanggung jawab secara vital terhadap pengelolaan keuangan, namun istri tetap sebagai pemegang peran utama. Namun, pernahkah Anda membayangkan, apa jadinya jika sebagai seorang istri tidak tahu cara mengelola keuangan rumah tangga dengan baik? Jawabannya adalah kebutuhan rumah tangga tidak bisa tercukupi dengan baik.

Bahkan kebutuhan pokok sekalipun tidak bisa tercover. Lantas adakah cara mengelola dan mengatur keuangan yang baik? Pasti ada. Berikut ini adalah cara mudah yang bisa Anda praktekkan.

Mulailah Belajar Membedakan Antara Kebutuhan dengan Keinginan

Belajar mengenali apa itu kebutuhan dan keinginan merupakan cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros. Kita tahu bahwa ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya. Kebutuhan ini dinamakan sebagai kebutuhan pokok.

Akan tetapi, seringkali orang membeli sesuatu hanya berdasarkan keinginan semata. Bahkan keinginan tersebut memakan alokasi dana yang cukup banyak. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, maka mulailah belajar memahami dan membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Setidaknya, penuhi terlebih dahulu kebutuhan sehari-hari seperti pangan, bensin, dan saku anak sekolah. Terlebih jika penghasilan Anda bulanan, usahakan kebutuhan setiap hari dalam sebulan bisa tercover, seperti bayar PDAM, listrik, kost, uang SPP anak, cicilan, dan lain-lain. Jika kebutuhan bulanan dan harian telah tercover, barulah Anda bisa mengalokasikan dana ke  kebutuhan sekunder atau tersier.

Buat Skala Prioritas Kebutuhan Setiap Bulan

Setelah memahami dan bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan, maka cara mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah mendaftar kemudian menyusun skala prioritas anggaran belanja untuk jangka waktu sebulan. Daftar tersebut akan sangat membantu Anda dan pasangan dalam hal mengatur finansial keuangan rumah tangga lebih efektif, terarah, dan tertata rapi.

Jika berhasil menerapkannya maka semua kebutuhan rumah tangga akan terpenuhi dengan baik. Daftar ini juga berfungsi untuk mengingatkan mana kebutuhan yang lebih diprioritaskan. Namun, sebelumnya pastikan Anda dan pasangan sudah mencatat sumber pendapatan yang hendak digunakan untuk menunaikan segala kebutuhan tersebut.

Siapkan Anggaran Tak Terduga

Selain memenuhi kebutuhan pokok, ada kebutuhan yang bisa saja muncul sewaktu-waktu dan sifatnya sangat mendesak. Hal yang tidak boleh dilewatkan yaitu menyiapkan anggaran tak terduga sebagai langkah mengantisipasi hal tersebut.

Setidaknya Anda memiliki dana darurat. Usahakan mengurangi budget pada beberapa bidang dan alokasikan ke anggaran tak terduga tersebut untuk memenuhi keperluan yang terjadi di luar rencana seperti sakit, kecelakaan, PHK, hingga krisis ekonomi yang terjadi dalam skala besar.

Jaga Rasio Hutang

Sebisa mungkin, usahakan menghindari hutang. Menghindari berhutang merupakan cara mengatur keuangan rumah tangga yang efektif. Peganglah prinsip bahwa hutang adalah beban yang akan mengganggu kondisi finansial rumah tangga.

Bila terpaksa harus berhutang, usahakan meminjamnya pada orang atau tempat yang tepat. Hindari berhutang pada tengkulak atau lintah darat. Hindari memiliki hutang dengan rasio lebih dari 30 % karena akan berpotensi membuat keuangan rumah tangga oleng.

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Menabung

Memiliki penghasilan kecil bukan berarti mengabaikan menabung. Menabung akan mendatangkan banyak manfaat untuk Anda sekeluarga. Oleh karena itu, meskipun sedikit, tetap usahakan untuk menabung. Bila memungkinkan, jadilah peserta asuransi dan investasi.

Pada dasarnya, cara mengatur keuangan rumah tangga akan berjalan baik dan efektif dengan adanya kerjasama yang baik dari Anda dan pasangan. Sebisa mungkin berusaha selalu transparan dan jujur dalam pengelolaannya.

Tinggalkan Balasan