You are currently viewing Mengatur Keuangan Pribadi Penting Dilakukan, Ini Cara Cerdasnya

Mengatur Keuangan Pribadi Penting Dilakukan, Ini Cara Cerdasnya

Mengatur keuangan pribadi menjadi hal yang benar-benar harus kita lakukan. Karena apabila tidak demikian maka kita akan kebobolan. Setiap orang berharap mempunyai penghasilan yang besar bukan? Tetapi salah satu hal yang harus anda ketahui dan sadari adalah apakah Anda bisa menikmati penghasilan yang sudah didapatkan tersebut atau tidak. Bukankah menjadi suatu hal yang menyedihkan apabila mempunyai gaji atau penghasilan yang besar tetapi ternyata tagihan kita malah 70% nya dari penghasilan tersebut.

Menghadapi kenyataan tersebut juga mempersulit kita untuk menabung ataupun melakukan investasi. Sebagai manusia pada umumnya penghasilan sebanyak apapun yang kita dapatkan nyatanya juga tidak mampu menjamin kesejahteraan hidup kita sendiri. Tetapi hal tersebut bisa kita kita atasi dengan cara pandai-pandai dalam mengatur keuangan.

Perlu Anda ketahui orang kaya sekalipun mereka juga bisa stress ataupun prestasi. Apabila mereka tidak bisa mengatur serta menata pendapatan juga pengeluaran mereka selama ini. Sudah menjadi kodratnya masalah finansial itu akan membuat kepala kita menjadi pusing. Bahkan tidak sedikit pula dari kita yang memikirkan masalah finansial tidak bisa tidur hingga akhirnya drop dan harus dirawat di rumah sakit. Dahsyat sekali bukan?

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Mudah

Mengatur keuangan itu sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah. Hanya saja hal tersebut tidak kita sadari sejak dini. Masih banyak sebagian dari masyarakat Indonesia juga yang menyepelekan akan hal tersebut. Hingga pada akhirnya mereka dilanda kebangkrutan dan memutuskan untuk hutang. Akhirnya malah gali lobang tutup lobang.

Sebelum masalah finansial tersebut menumpuk akan lebih baiknya jika kita mulai membenahi satu persatu. Anda juga bisa memulainya dari hal yang sifatnya sederhana terlebih dahulu. Kemudian baru melanjutkan ke tahap yang berikutnya. Guna mempermudah Anda untuk mengatasi masalah finansial tersebut, berikut ini cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda lakukan.

Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Buku Catatan Keuangan

Untuk cara yang pertama Mengatur keuangan pribadi hendaknya Anda mempunyai catatan keuangan pribadi tersebut. Manfaat mempunyai catatan tersebut sangatlah banyak. Bahkan bisa dikatakan langkah ini merupakan langkah yang paling dasar untuk bisa Anda lakukan. Apabila sejak awal Anda tidak mempunyai maka keuangan Anda juga tetap akan berantakan.

Dengan mempunyai catatan tersebut, Anda bisa mudahnya melacak Kemana perginya uang Anda. Hanya itu saja tetapi Anda juga bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang sekiranya bisa dikurangi. Catatan tersebut juga akan membantu Anda untuk merancang tujuan keuangan.

Anggaran Bulanan

Tidak hanya itu saja melainkan membuat anggaran bulanan merupakan salah satu upaya mengatur keuangan pribadi. Alokasikan 40% pendapatan sebagai biaya pengeluaran sehari-hari. Kemudian 30% untuk membayar cicilan 20% untuk tabungan maupun investasi. 10% donasi ataupun yang sejenisnya.

Jangan lupa juga atur pengeluaran Anda dengan bijak. Mengenai hal ini setiap orang pasti mempunyai cara yang berbeda-beda. Tangan pertama biasanya adalah untuk pajak. Kemudian berikutnya adalah zakat. Lalu untuk kebutuhan investasi. Mengapa harus melakukan investasi? Sebab investasi menjadi salah satu instrumen yang menguntungkan.

Dana Darurat

Selanjutnya cara mengatur keuangan pribadi hendaknya Anda juga mempunyai dana darurat dari tabungan investasi tersebut. Apa yang dimaksud dengan dana darurat itu sendiri? Merupakan tanah yang sifatnya sangat penting untuk mengantisipasi suatu peristiwa atau keadaan darurat yang terjadi nanti. Pasalnya kita juga tidak tahu apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita dan apakah peristiwa tersebut dapat mempengaruhi kondisi finansial kita atau tidak.

Mempunyai asuransi kesehatan dan jiwa juga merupakan hal yang sangat penting. Pada sebagian dari masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui mengenai pentingnya mempunyai asuransi. Justru mereka merasa dirugikan karena sudah membayar namun tidak pernah mendapatkan manfaatnya. Padahal asuransi itu seperti halnya payung yang akan melindungi kita dari hujan ataupun panas terik.

Bukankah kita juga tidak pernah tahu kapan hujan itu akan datang? Maka sedia payung lebih baik daripada basah kuyup. Kita harus selalu bersiap dan berjaga-jaga untuk menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan nantinya dalam kehidupan ini.

Bayar Cicilan

Itu saja tidak cukup. Karena dalam kehidupan ini kita juga mempunyai hutang ataupun cicilan. Jadi prioritas kan terlebih dahulu agar Anda bisa melunasi hutang tersebut. Jangan sampai hutang tersebut malah merusak penghasilan Anda. Sebutkan penjelasan sebelumnya yang mengatakan jangan sampai hutang ataupun saran yang kita miliki itu melebihi gaji yang sudah kita dapat. Begitulah cara mengatur keuangan pribadi yang cerdas dan bijaksana.

Tinggalkan Balasan